Notification

×

Iklan

Iklan

Melalui Hibah Kemendikbud RIstek 2023 : Tim PkM Dosen UKIM Kolaborasi dengan STIkes Maluku Husadah Melakukan Inovasi dari Limbah Daun Cengkeh Menjadi Obat Sakit Gigi Bagi Masyarakat di Dusun Mahia

| Monday, August 21, 2023 WIB Last Updated 2024-01-09T17:56:51Z



Demikian disampaikan Ketua Tim PkM Dosen UKIM kepada Ghemanews.com Senin (21/08/2023) bahwa sakit gigi adalah masalah kesehatan yang umum dihadapi oleh banyak orang, dan sering kali sangat mengganggu. Namun, ada alternatif alami yang efektif untuk mengatasi rasa sakit ini, yaitu minyak atsiri yang didestilasi  dari cengkeh. Kali ini, inovasi dari limbah daun cengkeh yang telah dilakukan tahap penyuluhan selama 2 hari Sabtu dan Minggu (19-20/8/2023) oleh Tim PkM Dosen dengan komposisi Ketua Ns Vernando Yanry Lameky, S.Kep.,M.Kep, 2 anggota dosen yaitu Isak Roberth Akollo,S.Kep., M.Sc dan Apt. Jayanti Djarami, S.Farm., M.Si. dengan melibatkan 2 anggota mahasiswa, Billy Franscois Kolibonso dan Devan Hendrik Pattinasarany dengan Mitra Dusun Mahia Bpk. Hedikel de Fretes (Ketua Mitra) melalui penyuluhan yang sudah di lakukan berhasil menarik perhatian minyak daun cengkeh dan telah tren di Dusun Mahia.

 

Kegiatan dipandu oleh Mc Filia R Latupeirissa dan diawali oleh Doa dan Arahan Singkat dari Bpk Wakil Majelis Jemaat Dusun Mahia (Bpk. Pnt. Alfin) bahwa program yang diberikan oleh Tim PkM dosen, esensinya disambut baik dan beginilah suasana di Dusun Mahia yang siap menerima pengetahuan dan pengalaman. Harapannya bahwa penyuluhan ini menjadi modal utama agar nantinya setelah pelatihan para peserta sudah mengetahui tujuan dan manfaat minyak daun cengkeh. Kemudian sambutan kedua oleh Ketua Mitra (Bpk. Hedikel de Fretes) sangat berterima kasih kepada pemerintah (kemendikbud Ristek) dan khususnya kepada Tim yang telah berjuang sehingga PkM bisa lolos didanai, karena sesuai dengan percakapan kita di awal tahun bahwa Ketua Tim menegaskan jika lolos baru didanani dan itu mitra mendapat 40% (dalam bentuk Teknologi dan Inovasi), harapannya bahwa para peserta nantinya bisa mengkuti tahap penyuluhan selama 2 hari dengan baik dan dalam perkembangan saya dan Tim bahwa alat (ketel) sedang proses pemesanan sehingga 2 hari digunakan dulu untuk penyuluhan. Sambutan ketiga oleh Ketua Tim PkM (Ns. Vernando Yanry Lameky, S.Kep.,M.Kep) bahwa kami sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Kemendikub Ristek Tahun 2023 (Lolos Hibah) dengan dana yang telah disetujui 42.674.000 sehingga Mitra mendapat 40% dalam bentuk Teknologi dan Inovasi (sesuai panduan hibah 2023). Lameky menegaskan bahwa program ini jangan disia-siakan karena kami sudah berjuang untuk lolos, sehingga nantinya 1 unit destilasi (ketel) kapasitas 20 kg dan penunjang lainnya yang sedang di pesan tidak boleh dibiarkan begitu saja. Karena di tahun depan kami akan mengusul kembali hibah dengan mitra yang saat ini (keberlanjutan). Lameky dalam sambutan terakhirnnya mengingatkan bahwa 20 orang yang nantinya dijadikan kelompok bisa mengedukasinkan program ini kepada keluarga. 

 

Sebelum Masuk pada acara inti di hari pertama yaitu paparan materi oleh Isak Roberth Akollo,S.Kep., M.Sc terkait kesehatan gigi dan mulut serta perawatan gigi. Di berikan kuesoner pre kepada peserta dan post setelah paparan materi selesai. Dalam paparan Akollo menegaskan bahwa kesehatan gigi dan mulut adalah komponen penting dari kesejahteraan umum seseorang. Akollo juga menjelaskan sikat gigi secara teratur dan anatomi gigi,yang perlu diketahui peserta. 

 

Selanjutnya di hari kedua paparan materi oleh Apt. Jayanti Djarami, S.Farm., M.Si terkait obat tradisonal (termasuk daun cengkeh). Sama seperti biasa kuesiner di berikan debelum dan sesudah paparan materi. Djarami dalam paparannya menegaskan bahwa daun cengkeh memiliki sifat anti nyeri, anti bakteri, anti virus, bahkan antioksidan karena terdapat senyawa yang menjalankan fungsinya dengan baik (eugenol). Setelah paparan materi selesai maka dikembalikan kepada MC, selanjutnya MC mengingatkan peserta agar nantinya wajib hadir pada kegiatan pelatihan (akan dinfokan), mengakhiri seluruh kegiatan penyuluhan dengan Dokumentasi.



 

No comments:

Post a Comment

×
Berita Terbaru Update