Notification

×

Iklan

Iklan

Kuliah Tamu Program Studi Keperawatan UKIM: Sebarkan Wawasan Kegawatan Keperawatan Psikiatrik di Wilayah Kepulauan

| Saturday, November 11, 2023 WIB Last Updated 2023-12-14T02:19:09Z

Pada hari Sabtu, 11 November 2023, kegiatan kuliah tamu bertajuk "Kegawatan Keperawatan Psikiatrik di Wilayah Kepulauan" telah berhasil diselenggarakan di Universitas Kristen Indonesia Maluku, Fakultas Kesehatan, Program Studi Keperawatan, bertempat di Aula UKIM, Pukul 09.00 WIT-11.30 WIT.

 

Dalam kuliah tamu ini, hadir dalam memberikan sambutan G. V. Souisa, S.Si., M.Kes (Dekan Fakultas Kesehatan) bahwa acara ini bertujuan untuk menyebarkan wawasan tentang tantangan unik dan strategi dalam memberikan layanan keperawatan psikiatrik di wilayah kepulauan terkhususnya Provinsi Maluku. Selanjutnya acara inti yaitu paparan materi oleh Prof. Suryani, S.Kp., M.HSc., Ph.D, seorang pakar keperawatan psikiatrik yang berpengalaman, telah membagikan pengetahuannya tentang bagaimana keperawatan psikiatrik dapat dihadapi dan disesuaikan dengan kondisi kepulauan. Prof. Suryani, S.Kp., M.HSc., Ph.D memiliki pengalaman kerja di beberapa pulau terpencil di Indonesia dan telah berhasil mengembangkan pendekatan yang efektif dalam merespon kebutuhan kesehatan mental masyarakat setempat.

Salah satu fokus utama kuliah tamu ini adalah mengidentifikasi masalah-masalah kesehatan mental khusus yang mungkin dihadapi oleh penduduk kepulauan, termasuk isolasi sosial, keterbatasan akses ke layanan kesehatan, dan dampak lingkungan alam. Prof. Suryani, S.Kp., M.HSc., Ph.D telah berbicara tentang upaya-upaya kolaboratif antara pemerintah, lembaga kesehatan, dan masyarakat dalam meningkatkan pelayanan keperawatan psikiatrik di wilayah kepulauan.


Acara ini diharapkan akan memberikan wawasan berharga kepada mahasiswa, tenaga kesehatan, dan masyarakat umum tentang urgensi keperawatan psikiatrik yang inklusif dan berkelanjutan di seluruh wilayah kepulauan khususnya Provinsi Maluku. Kuliah tamu ini juga merupakan bagian dari upaya Program Studi Keperawatan untuk mengintegrasikan pengalaman praktisi lapangan ke dalam kurikulum, sehingga mahasiswa dapat memahami dan mengatasi tantangan nyata dalam dunia keperawatan psikiatrik di masa depan.

No comments:

Post a Comment

×
Berita Terbaru Update